Alat Ukur

Fungsi Mikroskop Digital

Fungsi Mikroskop Digital – Mikroskop digital adalah kecanggihan alat di dunia modern, alat mikroskop digital merupakan gabungan dari mikroskop biasa dengan kamera digital sehingga memudahkan penggunanya untuk melakukan serangkaian penelitian. Selain memudahkan dalam melihat objek bisa juga dilakukan perekaman selama penelitian sehingga data rekaman tersebut bisa digunakan kemudian hari.

Fungsi mikroskop digital sendiri untuk melihat makhluk atau benda yang berukuran mikroskopik yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Alat mikroskop digital sangat cocok digunakan pada dunia pendidikan untuk memecahkan masalah tertentu, terutama dalam bidang laboratorium yang mengarah ke penelitian.

mikroskop digital

Mikroskop digital ini juga sudah banyak dijual di toko online maupun offline. Sedikit informasi toko online terpercaya di Alat Ukur Indonesia yang menjual alat ukur dan alat tester terpercaya dengan kualitas barang yang bagus serta diberikan garansi dengan harga yang kompetitif.

Mikroskop jenis ini sudah bisa disambungkan dengan komputer sehingga hasil dari pengamatannya jauh lebih detail karena otomatis akan didokumentasikan kedalam komputer. Banyak peneliti yang sudah menggunakan mikroskop digital untuk melakukan proyek yang bersifat serius dan membutuhkan ketelitian ekstra.

Sebenarnya mikroskop memiliki fungsi dan spesifik masing-masing, mulai dari yang paling sederhana yang biasa digunakan di sekolah hingga mikroskop canggih yang hanya dimilik oleh peneliti profesional. Masing-masing mikroskop tadi dibedakan berdasar jumlah lensa objektif, jumlah pembesarnya dan sumber penyinarannya.

Teknologi mikroskop memang mengalami perkembangan yang cukup pesat, hal ini ditandai dengan munculnya mikroskop terbaru dengan menggunakan teknologi tinggat tinggi adalah mikroskop trinokuler (mikroskop tiga lensa) yang bisa disambungkan ke kamera dan bahkan televisi.

Mikroskop sebenarnya ada beragam jenisnya, tetapi secara garis besarnya dibagi menjadi 2 kelompok yaitu mikroskop cahaya dan mikroskop listrik atau elektron. Mikroskop cahaya juga masih mempunyai 2 kelompok yaitu mikroskop monokuler dan mikroskop binokuler.

Perbedaan mikroskop monokuler dan mikroskop binokuler

Mikroskop monokuler, mono diartikan sebagai satu dan memang jenis mikroskop yang satu ini memiliki satu lensa okuler saja. Mikroskop jenis ini masuk kedalam kategori mikroskop cahaya yang digunakan untuk mengamati sel, dan nama lain untuk mikroskop cahaya adalah Compound Light Microscope.

Mikroskop binokuler sama seperti mikroskop monokuler, mikroskop binokuler juga masuk kedalam kategori mikroskop cahaya yang digunakan untuk meneliti bagian sel. Dan perbedaannya jumlah lensa pada monokuler satu lensa sedangkan binokuler memiliki dua lensa dan terdiri dari lensa okuler dan objektif.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s