Alat Ukur

Pengaruh Gas Beracun

Pengaruh Gas Beracun – Salah satu bahan kimia yang termasuk bahan berbahaya yaitu bahan yang memiliki sifat beracun. Bahan dinyatakan bahan beracun apabila pemaparan melalui mulut LD50 > 25 atau 200 miligram per kilogram berat badan.

Pengaruh Gas Beracun

Atau pemaparan melalui kulit LD50 > 25 atau 400 miligram per kilogram berat badan, atau melalui pernapasan LD50 > 0,5 miligram per liter atau 2 miligram per liter. Bahan kimia yang beracun didefinisikan sebagai bahan kimia dengan jumlah kecil menyebabkan keracunan pada manusia ataupun mahluk hidup lainnya.

Umumnya zat toksik masuk lewat pernapasan kemudian menyebar ke seluruh tubuh atau menuju organ tubuh tertentu. Zat tersebut bisa langsung mengganggu organ tubuh tertentu seperti hati, paru-paru, dan lain sebagainya.

Namun bisa juga zat tersebut berakumulasi dalam tulang, darah, hati, ginjal, atau cairan limfa dan memperoleh efek kesehatan pada jangka panjang. Pengeluaran zat beracun dari dalam tubuh bisa melewati melewati urine, saluran pencernaan, sel epitel, dan juga keringat.

Berdasarkan Kepmen 187 tahun 1999 bahan kimia berbahaya yaitu bahan kimia dalam bentuk tunggal ataupun campuran yang berdasarkan sifat kimia atau campuran yang berdasarkan sifat kimia dan fisika dan toksikologi berbahaya terhadap tenaga kerja, instalasi dan lingkungan.

Sifat alamiah suatu zat dan jenis persenyawaan dan juga keadaan fisik menentukan sifat fisik suatu zat.
Bahan beracun dalam industri yaitu:
1.Senyawa logam dan metaloid
2.Bahan pelarut
3.Gas beracun
4.Bahan karsinogenik
5.Pestisida

Alat pendeteksi kebocoran gas adalah alat yang paling akurat untuk mengetahui kebocoran gas. Apabila anda ingin mengetahui harga alat pendeteksi kebocoran gas dan juga tempat untuk membeli alat tersebut anda bisa mengunjungi website alat ukur Indonesia.

Karbon monoksida (CO) merupakan gas yang temasuk gas beracun yaitu gas yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Gas ini terdiri dari satu atom karbon yang secara kovalen berhubungan dengan satu atom oksigen.

Karbon monoksida diperoleh dari pembakaran tidak sempurna dari senyawa karbon, terbentuk jika kekurangan oksigen pada proses pembakaran. CO merupakan senyawa yang memiliki sifat sangat beracun karena bisa mengikat hemoglobin membentuk karboksihemoglobin.

Adannya senyawa tersebut bisa menghambat penghantaran oksigen ke sel tubuh sehingga suatu sel tubuh mengalami kekurangan oksigen, keadaan ini bisa mengakibatkan kematian.

Karbon dioksida (CO2) atau dikenal juga asam arang juga termasuk salah satu gas beracun,gas karbondioksida yaitu senyawa kimia yang terdiri dari 2 atom oksigen yang berhubungan secara kovalen dengan sebuah atom karbon.

Gas karbondioksida juga lawan dari oksigen yang secara normal keduanya terdapat pada tubuh. Tetapi apabila jumlah CO2 meningkat melebihi batas normal maka akan menjadi racun untuk tubuh dengan memblok aliran oksigen di pembuluh darah ke sel.

Kasus yang sering dijumpai yaitu kematian yang menyebabkan kematian akibat jumlah CO2 lebih banyak dari oksigen pada suatu ruangan tertutup seperti di dalam mobil.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s