Alat Ukur

Pencahayaan Yang Memenuhi Rumah Sehat

Pencahayaan Yang Memenuhi Rumah Sehat – Rumah merupakan sebuah tempat dimana seseorang tinggal berserta keluarganya, mempunyai hubungan sosial masyarakat sekitarnya dan melakukan kegiatan dalam rangka mempersiapkan diri untuk beraktivitas diluar rumah.

Pencahayaan Yang Memenuhi Rumah Sehat

Rumah dapat berfungsi sebagai tempat berlindung untuk memperoleh  keamanan dan kenyamanan , terhindar dari cuaca yang tidak menentu, hewan buas, dan sebagai tempat untuk beristirahat.

Rumah sehat merupakan dambaan bagi setiap orang, untuk memenuhi itu, maka desain rumah perlu memenuhi kriteria rumah sehat seperti, perencanaan ventilasi, pencahayaan, lingkungan, bahan, ukuran rumah, dan lain sebagaimya.

Rumah adalah salah satu kebutuhan pokok manusia disamping pangan dan sandang. Rumah yang sehat dan terletak di lingkungan yang sehat merupakan idaman setiap keluarga,.

Karena rumah dan lingkungan adalah sarana pembinaan keluarga yang memiliki pengaruh dalam pembentukan watak penghuninya. Selain itu juga, mencerminkan tingkat ke”sehat”an, keamanan, ketertiban, ketenteraman dan kesejahteraan masyarakat.

Syarat teknis Rumah Sehat pada saat merencanakan dan membangun rumah sehat serta layak huni, harus memenuhi beberapa syarat teknis rumah sehat sebagai berikut:

1.Segi Ke-“sehat”an.

Artinya bagian rumah yang menentukan ke-“sehat”an keluarga harus dipersiapkan dengan baik terutama:

  1. Penerapan dan lubang ventilasi udara dalam setiap ruang harus cukup.
  2. Penyediaan air bersih yang memenuhi syarat ke”sehat”an bagi keluarga.

2.Segi Kekuatan Bangunan (Konstruksi).

Artinya bagian dari bangunan “rumah” mempunyai konstruksi dan bahan yang dapat dijaminkekuatannya, seperti:

  1. Konstruksi bangunan kuat, baik untuk menahan berat bangunan rumah maupun pengaruh yang berasal dari luar seperti angin, hujan, gempa dan lain-lain
  2. Bahan bangunan yang dipakai harus mampu menjamin keawetan dan kemudahan dalam pemeliharaan “rumah” dan cukup terlindung dari kelapukan, karat, dan serangga/rayap.
  3. Bahan yang tahan terhadap api digunakan untuk bagian yang mudah terbakar dan bahan tahan air untuk bagian yang selalu dalam keadaan basah.

3.Segi Penataan Ruang Setempat,

Untuk mewujudkan tertib Rumah harus memperhatikan:

  1. Letak yang sesuai peruntukannya.
  2. Kepadatan bangunan yang mendapakan perijinnan.
  3. Jarak “rumah” ke jalan maupun ke “rumah” lain. Sehingga akan tercipta keseimbangan terhadap lingkungan.

4.Segi Kenyamanan.

“Rumah” difungsikan sebagai tempat membina keluarga, tempat melakukan kegiatan sehari-hari, maka dari itu, harus diperhatikan segi kenyamanannya supaya anggota keluarga mampu melakukan kegiatan sehari-hari. Sehingga dapat istirahat atau melakukan kegiatan sehari – hari dengan nyaman. Maka dari itu, perlu diperhatikan antara lain:

  1. a.Penyediaan ruangan yang mencukupi kebutuhan.
  2. b.Penyesuaian ukuran ruang dengan kegiatan sehari – hari penghuni “rumah”.
  3. c.Penataan ruang yang baik.
  4. d.Pemilihan dekorasi dan warna ruang yang serasi dan sesuai dengan selera.
  5. e.Penghijauan halaman “rumah” diatur sesuai dengan kebutuhan.

Rumah yang sehat membutuhkan cahaya yang cukup, tidak kurang dan tidak berlebihan. Kurangnya cahaya yang masuk dalam ruangan rumah, terutama cahaya matahari. Di samping kurang nyaman, juga merupakan tempat yang baik untuk habitat dan berkembang biaknya bibit-bibit penyakit.

Namun jika terlalu banyak cahaya di dalam rumah akan menyebabkan silau. Sehingga mampu mengakibatkan resiko yangbesar yaitu dapat merusakkan mata. Cahaya dibedakan menjadi 2, yaitu :

a) Cahaya alami.

Cahaya alami ( cahaya matahari )  yaitu cahaya yang mampu membunuh bakteri-bakteri patogen yang terdapat di dalam rumah, misalnya baksil TBC. Maka dari itu, rumah yang sehat harus memiliki jalan masuk cahaya yang cukup.

Setidaknya jalan masuk cahaya luasnya sekitar 15 % sampai 20% dari luas lantai yang terdapat di dalam ruangan rumah. Harus diperhatikan di dalam membuat jendela diupayakan supaya sinar matahari langsung masuk ke dalam ruangan, tanpa terhalang bangunan lain.

Fungsi jendela, di samping sebagai ventilasi juga sebagai jalan masuknya cahaya matahari. Lokasi peletakan jendela juga perlu diperhatikan dan diusahakan supaya sinar matahari lama menyinari lantai. sebaiknya jendela berada di tengah-tengah tinggi dinding.

tempat masuknya cahaya matahari juga diusahakan dengan genteng kaca. Genteng kaca pun bisa dibuat secara sederhana, yaitu dengan melubangi genteng biasa pada waktu pembuatannya, setelah itu, menutupnya dengan pecahan kaca.

menimbang besar cahaya yang masuk melalui jendela bisa dilakukan dengan dua metode, yaitu dengan metode direktorat penyelidikan masalah bangunan (DPMB) dan metode building coverage ratio (BCR).

b) Cahaya buatan.

Cahaya buatan yaitu cahaya yang menggunakan sumber cahaya selain cahaya matahari, seperti lampu minyak tanah, api, listrik,dan sebagainya. Kualitas cahaya buatan tergantung pada terangnya sumber cahaya. Pencahayaan buatan dapat terjadi dengan 3 cara, yakni : direct, indirect, semi direct ( general diffusing ).

Pada umumnya pengukuran pencahayaan terhadap sinar matahari dapat dilakukan dengan menggunakan lux meter, yang diukur ditengah ruangan, pada tempat yang tinginya < 84 cm dari lantai, dengan persyaratan tidak memenuhi syarat kesehatan apabila < 50 lux atau > 300 lux, dan memenuhi syarat kesehatan bila pencahayaan rumah sekitar 50-300  lux.

Untuk mendapatkan rumah yang sehat, kita perlu mengukur jumlah intensitas cahaya yang masuk kedalam ruangan rumah menggunakan alat ukur cahaya. Dalam bahasa inggris alat ukur ini bernama lux meter. Selain lebih mudah, kini lux meter juga sudah banyak dijual ditoko – toko, baik di toko onlie maupun offline salah satunya ditrijinx.com.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s