Alat Ukur

Cahaya Yang Baik Bagi Fotografer

Cahaya Yang Baik Bagi Fotografer – Cahaya merupakan hal penting yang fotografer harus kuasai. Foto atau gambar yang diperoleh dari kamera yaitu rekaman efek cahaya yang menyentuh obyek, baik yang berasal dari cahaya alami maupun cahaya buatan contohnya lampu pijar.

Cahaya Yang Baik Bagi Fotografer

Fotografer yang mengerti mata dan lensa melihat spektrum warna bisa mengoptimalkan pemakaian cahaya dalam fotografi. Untuk mengetahui intensitas cahaya yang dipakai bagi fotografer anda dapat memakai alat lux meter.

Sebab lux meter merupakan alat yang akurat untuk mengukur intensitas cahaya, apabila anda ingin membeli lux meter murah anda bisa mengunjungi website trijinx.com. Cahaya alami contohnya cahaya matahari ternyata tidak sekonsisten yang dikira. Pada jam yang berbeda, nuansa spektrum warna yang tidak sama bisa diperoleh.

Contohnya di siang hari, bagian biru dari spektrum warna lebih dominan, memperoleh cahaya yang dingin. Gambar yang diambil di siang hari terik tanpa awan memperoleh cahaya keras, membuat foto sangat tajam dan kontras.

Sebaliknya, apabila cahaya alami di saat matahari terbit dan terbenam lebih menunjukan bagian lebih merah sampai orange dari spektrum warna. Di fotografi, hal ini dikenal sebagai cahaya hangat, cahaya matahari yang terbit maupun terbenam akan memperoleh foto yang lebih hangat dan kontras lebih lembut.
Jenis cahaya dalam fotografer yaitu:
1.Cahaya buatan di fotografer
Saat fotografer memakai cahaya buatan dalam fotografi, efek penyinaran tergantung jenis sumber cahaya yang dipakai. Cahaya tersebar dari lampu pijar membuat kesan hangat, kekuningan. Lampu neon membuat cahaya menyebar yang kehijauan.

Sedangkan lampu kilat memiliki warna yang mendekati warna sinar matahari pada siang hari yang alami. Semua cahaya ini mempunyai ciri – ciri yang berbeda dan bisa dipakai untuk mem fotoperol dengan penyinaran terkontrol seperti distudio.
2.Cahaya alami di fotografer
Cahaya Ylangsung contohnya cahaya matahari pada siang hari, menyentuh subyek dari 1 arah. Apabila anda sedang mencari kontras tinggi antara cahaya dan bayangan, cahaya langsung adalah pilihan yang baik.

Agar menghasilkan foto dengan warna yang alami, akurat dan sesuai yang asli anda bisa mengatur pengaturan pada kamera digital yaitu white balance yaitu:
1.Tungsten dipilih apabila kondisi penyinaran dengan lampu pijar.
2.Flourescent dipilih apabila berada di tempat dengan lampu neon, kamera akan memakai temperatur warna dengan kisaran 4000K
3.Flash dipilih apabila sumber cahaya yang dipakai lampu kilat
4.Daylight untuk di luar ruangan dengan sinar matahari cerah
5.Cloudy untuk penggunaan outdoor di langit mendung yang cenderung biru
6.Manual/Preset saat pilihan yang ada tidak memberikan hasil foto yang alami.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s