Alat Ukur

Pengertian TDS Meter

Pengertian TDS  Meter – TDS  merupakan singkatan dari “ Total  Dissolved Solids ”. TDS meter merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengukur partikel yang terdapat pada sebuah larutan. Biasanya digunakan untuk mengukur partikel yang terkandung dalam larutan, mengukur kemurniaan air, mengukur kualitas air minum.

pengertian-tds-meter

Setiap air minum memiliki partikel yang tidak dapat dilihat secara kasap mata, maka kita perlu mengukur air minum tersebut agar dapat dikonsumsi secara aman. Partikel yang terkandung pada air biasanya dalam bentuk partikel non padatan misalnya : microorganisme. Maupun partikel padatan seperti kandungan logam misalnya : tembaga, mangan, besi, alumunium, dll.

Larutan yang tidak dapat diukur pada tds meter adalah :

  1. Larutan yang memiliki suhu dibawah suhu kamar ( air dingin/es ), karena hasil pengukurannya tidak akurat.
  2. Larutan yang memiliki suhu diatas suhu kamar ( air panas ), karena hasil pengukurannya tidak akurat.
  3. Larutan yang tidak termasuk dalam daftar dari spesifikasi tds meter tersebut.
  4. Larutan alkohol atau spirtus, Accu, dll.
  5. Air laut atau air garam karena ada alat tersendiri untuk mengukur air laut atau air garam, karena apabila menggunakan tds meter maka pembacaan akan menjadi erorr.

Cara meggunakan tds meter sangatlah mudah yaitu dengan cara menyelupkan tds meter pada air yang akan diukur selama 2 – 3 menit dengan kedalaman sekitar 5 cm. TDS meter juga sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari – hari, misalnya  keperluan pertanian, keperluan kesehatan, dan teknis mekanis.

Untuk keperluan pertanian, tds meter digunakan untuk  mengukur nilai kepekatan pada larutan yang akan digunakan untuk bercocok tanam. Karena dapat menentukan kualitas hasil panen. Namun, kepekatan pada larutan harus dalam  jumlah yang normal.

Karena apabila kepekatan pada larutan melibihi maupun kurang dari jumlah normalnya, maka dapat mengakibatkan resiko yang fatal yaitu kematian pada tanaman tersebut. Hal ini terjadi akibat penyerapan unsur hara pada tanaman yang berjalan dengan lambat.

Untuk keperluan kesehatan, tds meter digunakan untuk mengetahui kadar yang terkandung pada air yang layak minum, serta mengukur kepekatan pada produk air minum. Air minum merupakan kebutuhan yang penting bagi manusia, maka dari itu kita perlu mengukur kadar pertikel yang terkandung dalam air minum.

Untuk mengukur kadar partikel yang terkandung dalam air minum dapat dilakukan dengan  menggunakan alat ukur tds meter digital. Anda juga dapat membuka website  alat ukur indonesia untuk mengetahui berbagai spesifikasi, jenis, dan bentuk tds meter secara menyeluruh.

Manfaat dari tds meter adalah :

  • Mampu menambah asupan oksigen dalam darah, karena air yang murni lebih banyak menghasilkan oksigan dibandingkan dengan air minum biasa.
  • Mampu mengikis kerak – kerak yang dapat menyebabkan asam urat dan rheumatic yang terdapat pada persendian.
  • Dapat membersihkan kotoran yang terdapat pada usus besar beserta aliran darah dari terkenanya  berbagai racun dari bahan kimia yang berbahaya.
  • Mampu melarutkan berbagai endapan yang terdapat pada kantung kemih dan ginjal manusia.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s